Jenis-jenis Game Theory yang Populer

Game theory mempelajari interaksi yang terjadi antara pihak-pihak yang yang terlibat konflik. Setiap pihak tentunya berusaha memilih strategi yang akan memaksimalkan keuntungan baginya. Game theory banyak memainkan peran pada ilmu sosial.

Game theory terdiri dari beberapa jenis, yang popular antara lain:
1. Zero-sum game, ini adalah win-lose solution. Dimana jika satu pihak menang, maka pihak lain pasti kalah. Jika satu pihak memperoleh keuntungan/manfaat, maka itu merupakan harga yang harus dibayar oleh pihak lain. Contoh permainan yang bertipe zero-sum game antara lain adalah catur.

2. Non-zero sum game, dimana jika satu pihak memperoleh keuntungan, maka pihak lain tidak pula kalah. Pihak-pihak yang terlibat bisa melakukan kompromi, sehingga memperoleh solusi yang bermanfaat bagi semuanya. Contohnya dalam dunia sales, salesman berhasil menjual produknya dan memenuhi target, sementara pelanggan juga berhasil memperoleh produk yang ia butuhkan. Sama-sama bermanfaat bagi semua pihak, bukan?

3. Prisoner’s dilemma, salah satu bentuk non-zero sum game namun tidak terdapat kerjasama ataupun komunikasi antara kedua belah pihak. Diilustrasikan prisoner’s dilemma ini yaitu dua penjahat yang ditangkap dan diinterogasi secara terpisah. Jika mereka berdua sama-sama mengaku, maka keduanya akan menjalani hukuman terberat. Jika salah satu mengaku, maka temannya akan diganjar hukuman lebih berat dan ia sendiri dikurangi. Sementara itu jika keduanya tidak mengaku, maka akan memperoleh hukuman terringan. Masalahnya adalah, keduanya tidak tahu apa yang akan dilakukan oleh pihak lawan.

Prisoner’s dilemma sendiri sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari. Misalnya antara satu perusahaan dengan kompetitornya, dimana sama-sama tidak mengetahui apa yang akan dikerjakan oleh pihak lawan dan tidak ada komunikasi antar keduanya. Kemudian juga banyak aplikasinya di dunia politik antara politisi dan lawan politiknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Big Fat Lies # 8

CITRA DIRI ( Imago Dei VS Economicus )

EFT BLITZ